Blogger Widgets
News Update :

`

`

Halal Haram di Sekitar kita

Senin, 26 Maret 2018

Yogyakarta, Bulan Ramadhan tinggal dalam hitungan pekan, bukan tak mungkin banyak beredar makanan yang meragukan khususnya bagi ummat Islam. Sampai saat ini pun semakin marak Warung kuliner makanan yang menyajikan menu makanan yang tak lagi halal baik secara terang-terangan maupun terselubung di Yogyakarta. Warung bakso misalnya yang saat ini disinyalir terdapat kandungan babi. Entah itu tercampur saat di pengilingan daging ataupun memang dengan sengaja ditambahkan ke dalam olahannya untuk menambah kelezatan makanan serta mendapatkan untung yang besar.

Organisasi sosial Persaudaraan Muslimah Cabang Umbulharjo Yogyakarta bersinergi dengan SD Juara Yogyakarta menyelengarakan kegiatan rutin untuk bunda wali siswa SD Juara yang dikemas dalam kegiatan Kajian Bunda Juara, dengan tema Halal Haram disekitar kita dan menghadirkan nara sumber Ustadz Nanung Danardono,. Karena pentingnya kegiatan ini untuk masyarakat umum, maka tak hanya bunda siswa yang mengikuti kajian ini namun para bunda wali siswa juga boleh membawa tetangga disekitar rumahnya yang berminat mengikuti kajian bunda juara ini.

“di Yogyakarta sudah banyak warung yang menjual daging yang tidak halal seperti babi, anjing, maupun tikus. Adapun potensi pencemaran daging haram ini antara lain yaitu daging sapi dioplos dengan daging babi, penggilingan daging sapi tercampur dengan daging babi, daging anjing, tikus, daging ayam bangkai dan sapi glongong, roti yang diolesi dengan kuas bulu babi, dan daging yang tidak disembelih sesuai dengan syariat Islam” kata Ustadz Nanung, Dosen Pasca-Sarjana Fakultas Peternakan UGM sekaligus Direktur Halal Center UGM,Sabtu(24/03/2018).

Menurut ustadz Nanung, dari informasi yang diperoleh di DIY ada 300 ekor anjing yang dalam sepekan dagingnya dijual ke warung-warung. Dan, bisa jadi itu dikonsumsi setiap hari oleh ribuan dan bahkan ratusan orang yang berada di sekitar kita”.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, semakin banyak ummat Islam yang memahami pentingnya memilih makanan yang tak hanya thayib, namun juga harus halal baik dari segi zatnya, proses pengolahannya maupun cara mendapatnya.


Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga