Blogger Widgets
News Update :

`

`

*Makna sebulir nasi*

Senin, 26 Februari 2018


Sebutir nasi dalam sisa makanmu, mahal sekali dia sampai disitu,..
sebutir nasi jangan kau sia-sia,karena dia datang dari sebutir padi...
begitulah bait lagu dari sebutir padi yang menceritakan tentang sebutir nasi, yang berasal dari padi yang ditanam oleh pak tani dengan bercucuran keringatnya.
Untuk memaknai tentang hal ini, maka pada tanggal 26 februari 2018 bu ranti wali kelas 4 mengajak siswa kelas 4 sd juara yogyakarta untuk mengenal apa itu nasi? Serta cara pengolahnya hingga menjadi nasi goreng. Sebelum praktik pembelajaran dimulai, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi tugas membawa beras, jeruk serta perlengkapan dan peralatan untuk menanak nasi dan membuat nasi goreng. Esok harinya, setiap kelompok memperaktikkan cara menanak nasi, membuat nasi goreng dan membuat wedang jeruk. Proses menanak nasi dimulai dengan memasukkan beras terlebih dahulu kedalam ketel kemudian beras dicuci, setelah bersih beras di beri air dan dimasak dengan kompor. Sambil menunggu nasi tanak siswa pun menyiapkan bumbu untuk membuat nasi goreng dan wedang jeruk. Gelak tawa terdengar di setiap kelompok siswa yang tengah menanak nasi, yang menunjukkan bahwa siswa sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran ini. Hasil masakan setiap klompok di cicipi oleh beberapa guru untuk mengukur cita rasa masakan siswa. Meskipun ada kelompok yang nasinya belum tanak, alhamdulillah setidaknya mereka telah mencoba merasakan proses pengolahannya. Pembelajaran ini dilaksanakan untuk melatih dan menyiapkan survival siswa saat jauh dari orang tua/ suatu kondisi tertentu, seperti saat mengikuti kemah, serta untuk memaknai bahwa disetiap menu yang ibu suguhkan di rumah maupun untuk bekal sekolah terdapat perjuangan di proses pembuatannya. Harapanya, siswa memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi dan melatih kerjasama antar tim, serta yang tak kalah pentingnya lagi tumbuh rasa birrul walidain dan rasa syukur atas makanan.
*Semoga anak-anak semakin sholih dan tumbuh pada fitrahnya*
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga