Blogger Widgets
News Update :

`

`

Anak, Gigi dan Kesehatan

Selasa, 16 Januari 2018


Dokter gigi bisa jadi dokter yang paling ditakuti oleh anak-anak. Bahkan hanya mendengar kata gigi saja insting takut anak-anak langsung bekerja. Sakitnya saat gigi dicabut selalu menjadi bayangan anak-anak sehingga merekapun enggan mendengar kata yang berkaitan dengan gigi apalagi memeriksa gigi. Namun demikian, kesadaran anak untuk menjaga kesehatan giginya juga tergolong rendah. Melihat fenomena ini, Puskesmas Gondokusuman (17/1/18) menggelar sosialisasi menggosok gigi pada anak kelas 1 di SD Juara Yogyakarta.

Untuk menarik perhatian dan minat anak, pihak puskesmas membagikan pasta gigi dan sikat yang di dalamnya terdapat mainan. Sosialisasi dikemas semenarik mungkin dengan poster dan gigi tiruan serta praktek menyikat gigi agar anak antusias dan tidak takut. Sosialisasi dimulai dengan penjelasan tentang pentingnya menyikat gigi, makanan yang dapat merusak gigi, waktu menyikat gigi dan pentingnya memeriksakan kesehatan gigi setiap enam bulan sekali.

Anak-anak mengikuti proses sosialisasi dengan semangat dan antusias terutama saat mereka diperkenankan mempraktekkan cara menyikat gigi dengan menggunakan gigi tiruan dan saat menerima pasta plus sikat giginya. Setelah dibagikan sikat dan pasta gigi, anak-anak langsung praktek menyikat gigi. Harapannya dengan adanya sosialisasi ini, anak bukan sekedar mengetahui bagaimana menyikat gigi yang benar namun juga mengetahui makanan yang baik untuk gigi dan tidak lagi takut kedokter gigi.

Contributed by RDF

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga