Blogger Widgets
News Update :

`

`

Siswa kelas Lima Belajar IPA: Praktikum Sifat-Sifat Cahaya

Selasa, 07 Maret 2017

Yogyakarta, 6 Maret 2017 cahaya merupakan radiasi elektromagnetik, baik dengan panjang gelombang kasat mata maupun yang tidak. Cahaya memiliki lima sifat antara lain cahaya merambat lurus, cahaya menembus benda bening, cahaya dapat dibiaskan, cahaya dapat dipantulkan dan cahaya dapat diuraikan. 
Untuk membuktikan sifat-sifat cahaya tersebut maka siswa kelas lima bersama bu khotim guru IPA melakukan pengamatan. Bahan dan alat yang digunakan antara lain: air, sendok, gelas, baskom, sumpit kayu, kopi, senter dan kaca.
Pertama-tama siswa melakukan pengamatan tentang cahaya yang dapat menembus benda bening. salah satu siswa diminta menyorotkan senter ke gelas yang berisi air bening, hasilnya cahaya dari senter masih terlihat. Kemudian air bening diberi kopi sampai berwarna hitam, ketika senter di sorotkan lagi cahaya tidak tampak terlihat karena tidak dapat menembus kopi yang gelap.
Praktikum kedua gelas diisi air bening lalu sendok dimasukkan ke dalam gelas, siswa diminta mengamati ukuran sendok. Hasilnya sendok kelihatan lebih besar dari aslinya, dan kemudian sendok diganti dengan sumpit kayu, ketika diamati sumpit terlihat seperti patah. Hal ini menunjukkan sifat cahaya mengalami pembiasaan karena cahaya melewati 2 media yang berbeda kerapatannya. 
Praktikum ketiga siswa memegang cermin kemudian senter dinyalakan di kaca, lalu tampak terlihat cahaya senter didinding papan tulis, hal ini membuktikan bahwa cahaya dapat dipantulkan. Dan yang terakhir baskom diisi air bening, kaca dimasukkan kedalam air yang ada dibaskom, dan ditaruh dibawah terik sinar matahari maka terjadilah penguraian warna putih dari matahari dan terbetuklah warna-warna pelangi yang bisa dilihat pada kaca di dalam air, dan karena cuaca yang kurang mendukung digunakanlah kertas. Salah satu siswa memegang kertas diarahkan ke sinar matahari dan tampaklah warna ketika dilihat dari kaca.
kata salah satu siswa "wah bu pelanginya terlihat", bagus ya....
Setelah selesai praktikum siswa pun berkeinginan mencoba dirumah..
newsrooms:lilisdewiprastyawaty





 
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga