Blogger Widgets
News Update :

`

`

Siswa kelas 3 Mengenal Pancasila

Minggu, 26 Februari 2017

Yogyakarta, 27 Februari 2017 Pancasila merupakan dasar falsafah negara indonesia yang terdiri dari 5 sila yaitu : ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. 

Untuk mengenal dan memahami persatuan dan kesatuan maka pak bili wali kelas 3 memberi tugas kepada siswa kelas tiga mencari arti dari sila ketiga pada pancasila. Mula-mula siswa di bagi menjadi 5 kelompok yaitu kelompok belalang, kelompok ular, kelompok semut, kelompok badak dan kelompok pinguin. Kemudian setiap kelompok mencari informasi dengan bertanya/ wawancara ke pada salah satu bapak/ibu guru yang ada di ruang guru dan di ruang perpustakaan. Setelah memperoleh informasi, setiap kelompok melakukan diskusi dan presentasi didepan teman kelompok lainnya. 

Setiap kelompok memiliki kesimpulannya masing-masing, ada kelompok yang mengatakan bahwa sila ketiga mengandung arti bahwa kita harus saling menyayangi dan menghormati baik sesama suku maupun berbeda suku, etnis dan budaya serta bahasa. Kemudian ada kelompok lain juga yang memberi kesimpulan bahwa sila ketiga mengandung arti kita harus menjujung tinggi nilai persatuan dan kesatuan di indonesia. Itulah beberapa kesimpulan dari masing-masing kelompok, dan meskipun kesimpulannya berbeda-beda, namun setiap kelompok bisa saling menghormati hasil diskusi dari kelompok lainnya. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa bisa mengerti dan menyamakan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
newsroom:lilisdewipratyawaty



Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga