Blogger Widgets
News Update :

`

`

Praktikum Kelas Empat: Gaya mempengaruhi Bentuk Benda

Selasa, 21 Februari 2017

Yogyakarta, 22 Februari 2017 Gaya adalah suatu benda yang ditarik atau didorong. Gaya tidak bisa dilihat tetapi bisa di rasakan, Benda dapat bergerak karena timbulnya gaya. Jika Gaya tidak timbul maka benda tidak mungkin bergerak atau berubah kedudukannya. Untuk membuktikan pengaruh gaya pada bentuk suatu benda maka siswa kelas 4 melakukan praktikum sederhana bersama pak Aris nurkholis wali kelas 4. Oleh pak aris siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi satu lembar kerja kegiatan siswa. Alat dan bahan yang digunakan antara lain balon, plastisin, dan kertas.




Pertama tama siswa meniup balon, kemudian mengamati perubahan yang terjadi pada balon tersebut. Setelah diamati, siswa mengambar bentuk balon di lembar kerja siswa sebelum dan sesudah  balon tersebut ditiup. Kemudian siswa melakukan percobaan ke dua yaitu dengan plastisin. Mula-mula plastisin digambar terlebih dahulu kemudian plastisin dibentuk dengan kedua tangan menjadi berbagai bentuk, setelah di bentuk dan diamati, plastisin yang telah dibentuk di gambar di lembar kerja siswa. Terakhir, pengamatan gaya mengubah bentuk benda dibuktikan dengan menggunakan kertas. Kertas disiapkan diatas meja kemudian sebelum dibentuk kertas digambar terlebih dahulu, kemudian  kertas diremas-remas dengan tangan dan hasil remasan kertas digambar dilembar kerja siswa. Setelah selesai melakukan pengamatan,  siswa berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing, hingga didapat kesimpulan bahwa gaya mempengaruhi bentuk benda. 
newsrooms: lilisdewiprastyawaty 


Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga