Blogger Widgets
News Update :

`

`
BERITA TERKINI :

Entri Populer

Pekan Berbagi Senyum SD Juara Yogyakarta: Belajar Membuat Konstruksi Bangunan Sederhana

Kamis, 18 Agustus 2016

Yogyakarta, Kamis (18/08/16) adalah hari kedua pelaksanaan Pekan Berbagi Senyum (PBS) di SD Juara Jogja. Kali ini, siswa SD Juara Jogja kedatangan seorang guru tamu yang luar biasa bernama pak Alfa Narendra. Beliau berprofesi sebagai seorang dosen di salah satu PT di kota Semarang, sekaligus saat ini sedang mengambil Program Doktoral di UGM Yogyakarta.

Hari ini pak Alfa berbagi tentang membuat konstruksi bangunan dari bahan yang sederhana kepada siswa kelas 4 SD Juara Jogja. Sebelum dimulai sesi berbagi oleh pak Alfa, Bu Annisa (LSU) selaku penanggungjawab acara PBS ini memberikan sedikit pengantar tentang profil singkat pak Alfa dan apa yang akan mereka lakukan hari ini. Setelah itu, sesi berbagi langsung diisi oleh guru tamu kita ini. Pertama-tama pak Alfa mencoba mencairkan suasana dengan membangun suasana yang hangat dengan anak-anak. Menyapa mereka dengan sapaan anak Juara. Yang kemudian dijawab dengan semangat oleh anak-anak dengan kata “Siiiiiaaaaaappp....”. Dan suasana semakin seru ketika pak Alfa mulai menggambar beberapa bentuk bangun datar di papan tulis untuk kemudian meminta anak-anak menyebutkan nama masing-masing gambar tersebut. Setelah itu, pak Alfa membagi siswa kelas 4 ke dalam 5 kelompok. Untuk kemudian mereka diminta untuk membuat bentuk dasar bangunan (tabung besar/kecil, segitiga besar/kecil, kubus besar/kecil). 

Setelah selesai membuat, anak-anak diminta mengujikan bentuk tersebut ke depan untuk diberi beban menggunakan botol bekas dan dijatuhi kelereng satu per satu. Begitu terus hingga kelompok terakhir. Mereka memperhatikan dengan seksama dan menghitung berapa banyak kelereng yang mampu ditahan bebannya oleh bahan bangunan replika yang mereka buat. Dan di akhir mereka bisa menyimpulkan bahwa bentuk tabung yang lebih kecil namun padat lah yang paling mampu menahan beban kelereng dalam botol paling kuat. Anak-anak sangat senang sekali. Di akhir sesi, seluruh siswa kelas 4 berfoto bersama pak Alfa dengan ceria dan bahagia.

Hari ini semua gembira dan tersenyum mendapat ilmu dan pengalaman baru. Terima kasih pak Alfa. Terima kasih Rumah Zakat.


Pekan Berbagi Senyum SD Juara Yogyakarta : merakit komponen raspberry (sejenis komputer) Secara sederhana

Yogyakarta, Selasa (16/08/16) adalah hari pertama pelaksanaan Pekan Berbagi Senyum (PBS) di SD Juara Jogja. Kali ini, siswa SD Juara Jogja kedatangan seorang guru tamu yang luar biasa bernama mbak Shinta Nuraisya Arizky. Beliau berprofesi sebagai RnD Engineer di Intelligent Technology Initiatives Yogyakarta.

Hari ini, mbak Shinta, begitu beliau biasa dipanggil, akan berbagi tentang cara merakit komponen raspberry (sejenis komputer) secara sederhana serta mengenalkan tentang open source di kelas 6. Awal memasuki ruang kelas 6 mbak Shinta disambut dengan senyum ceria anak-anak disertai dengan rasa antusias yang tinggi, dikarenakan mbak Shinta tersebut sudah membawa sebuah kotak yang bergambar menarik sekali.

Sebelum dimulai sesi berbagi oleh mbak Shinta, Bu Annisa (LSU) selaku penanggungjawab acara PBS ini memberikan sedikit pengantar tentang profil singkat mbak Shinta dan apa yang akan mereka lakukan hari ini. Setelah itu, sesi berbagi langsung diisi oleh guru tamu kita ini. Pertama-tama anak-anak diajak untuk melihat sebuah video animasi tentang komponen komputer sederhana. Baru sampai sesi ini mereka sudah tampak antusias sekali. Kemudian, dilanjutkan dengan mengenalkan komponen computer mini dan meminta beberapa anak untuk menyebutkan nama bagian-bagiannya. Mutia, salah satu siswi kelas 6, langsung maju dengan semangat dan menyebutkan nama-nama bagiannya dengan tepat dan cepat. Teman-temannya bersorak gembira. Suasana semakin semarak dan gembira.

Masuk ke sesi berikutnya, mbak Shinta mengeluarkan isi kotak yang sudah menyita perhatian anak-anak di awal tadi. Dan ternyata kotak tersebut berisi seperangkat komponen mini yang bernama raspberry. Perangkat tersebut dapat dirakit dengan alat-alat dan cara yang sangat sederhana dan beberapa anak pun antusias untuk mencobanya. Setelah dirakit, dan dihubungkan ke kabel LCD, raspberry tersebut berisikan beberapa software permainan edukasi, lagu-lagu daerah dan nasional, serta video-video mini yang mendidik. Anak-anak sangat senang sekali bisa mempraktekkan langsung. Sampailah di akhir sesi kegiatan, dan PBS hari ini ditutup dengan foto bersama mbak Shinta, dengan sebelumnya mbak Shinta membgaikan stiker lucu kepada semua anak.

Hari ini semua gembira dan tersenyum mendapat ilmu dan pengalaman baru. Terima kasih mbak Shinta. Terima kasih Rumah Zakat.



SEMARAK KEMERDEKAAN ALA SD JUARA YOGYAKARTA

Senin, 15 Agustus 2016

Yogya, 12 Agustus 2016 menjadi Jumat ceria dengan semangat kemerdekaan bagi SD Juara Yogyakarta untuk mengisi hari kemerdekaan yang akan jatuh tanggal 17 Agustus 2017 mendatang   SD Juara Yogyakarta mengadakan perlombaan yang seru untuk membakar semagat para siswa dan untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan. Perlombaan ini terbagi menjadi 3 level lomba diantaranya :
1. lomba kelas 1-3 meliputi  lomba lari kelereng, memasukkan pensil ke dalam botol, makan kerupuk sambil  duduk, dan balon kembar.
2. Lomba kelas 4-6 meliputi  lomba bakiak, egrang, cipta dan baca puisi perjuangan, dan menyanyi lagu kebangsaan.
3. Lomba Guru meliputi lomba bakiak, balon kembar dan estafet kelereng.
Para siswa dan guru bersemangat 45 dalam mengikuti perlombaan ini. Lomba ini diadakan untuk memupuk semangat kebersamaan, kerjasama dan daya juang siswa dalam menggapai keberhasilan.

newsroom/lilis dewi prastyawati







 

Kegiatan Sekolah

Artikel

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga