Blogger Widgets
News Update :

`

`

MARI JAGA BUMI SEPANJANG HARI DENGAN CINTA YANG TULUS

Rabu, 20 April 2016



MARI JAGA BUMI SEPANJANG HARI DENGAN CINTA YANG TULUS
Hari bumi kali ini diperingati dengan cukup meriah dan kegiatan yang dilakukan pun sangat variatif. Mulai dari pawai keliling kampung, aneka macam lomba makanan tradisional, bersih bersih lingkungan, dan bernagai macam kegiatan lainnya. Sebagian sekolah mendandani siswanya dengan pakaian berbahan barang bekas. Bekas bungkus kopi, bungkus makanan kemasan, dan bekas bukus makanan yang lainnya.
Sungguh tidak ada yang salah dengan semua kegiatan itu. Karena semua berangkat dari kepedulian akan tempat tinggal manusia yang sudah mulai renta, BUMI.
Tidak salah kalau kita menawarkan penggunaan ulang bekas bungkus makanan atau minuman kemasan. Tapi apakan pakaian dari bekas bungkus ini ada yang mau mengenakan dalam kehidupaan sehari hari? Tentu tidak. Pesan moral yang mestinya disampaikan adalah jangan mudah membuang bekas bungkus makanan atau minuman kemasan karena plastik jenis ini sangat sulit didaur ulang dibanding plastik bening seperti bungkus minyak goreng, bungkus gula pasir kemasan, dsb.
Pesan yang berikutnya adalah minimalkan konsumsi makanan dan minuman kemasan. Satu hari peringati hari bumi tidak cukup menghapus dosa selama setahun karena sudah menjejali bumi dengan sampah hasil dari konsumsi makanan dan minuman kemasan. Kalaupun plastik plastik itu digunakan untuk berbagai macam barang yang bermanfaat, barang itu pun tidak akan bertahan lama. Ujung ujungnya menyakiti bumi juga. Karena Bumi lah yang menerima buangan sampah itu. Kalau pun  plastik plastik itu dibakar maka itu hanya akan melukai lapisan ozon yang melindungi bumi dari ganasnya Ultra Violet Matahari. Ujung ujungnya bumi juga yang menderita.
Jadi mari biasakan anak anak kita jaga bumi sepanjang hari. Dengan tidak membebani bumi dengan sampah sampah berat yang sulit terurai. Membersihkan lingkungan setiap hari, menanam dan merawat pohon disekeliling kita, dan masih banyak upaya nyata lainnya yang dapat menunjukan kecintaan kita terhadap bumi kita dengan setulus cinta.
Edisi Hari Bumi  #Budi Hadiastuti

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga