Blogger Widgets
News Update :

`

`

Peringati Hari Pangan Se-Dunia SD Juara Jogja Pawai Keliling Bagikan Telo

Rabu, 14 Oktober 2015



Yogyakarta,-  Pada hari Jumat 25 September 2015 siswa-siswi SD Juara Yogyakarta masuk seperti biasanya setelah dua hari libur dalam rangka idul adha. Anak-anak masuk kelas diawali dengan kegiatan Sholat Dhuha secara berjamaah di Masjid. Namun pada hari ini ada hal yang berbeda yang Istimewa di SD Juara Yogyakarta. Setelah anak-anak selesai melaksanakan sholat Dhuha, anak-anak mendapatkan pengumuman untuk berkumpul di lapangan sekolah. Merekapun belum tahu kenapa ia dikumpulkan di lapangan sekolah. Surprise....! mereka mendapatkan bingkisan yang isinya makanan Telo.

Pembagian makanan Telo rebus kepada siswa-siswi SD Juara ini menandai dimulainya peringatan Hari Pangan se-Dunia Tahun 2015. Acara peringatan Hari Pangan Se-Dunia (HPS) ini dilaksanakan pada tanggal 25 September 2015 bekerjasama antara SD Juara Yogyakarta dengan Rumah Zakat cabang Yogyakarta. Pada peringatan HPS tahun ini SD Juara Yogyakarta selain membagikan makanan Telo kepada siswa-siswinya juga dilakukan pawai keliling dalam rangka mengkampanyekan kepada masyarakat untuk kembali kepada produk-produk makanan lokal khas Indonesia. Pasalnya berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) setidaknya ada 10 komoditas pangan yang diimpor oleh Indonesia seperti beras, jagung, kedelai, kentang, singkong, dan kentang. Padahal jika pangan lokal dikembangkan dengan maksimal bisa menjadi produk ekonomi berdaya saing tinggi, ujar koordinator aksi Bangun Setyo Nugroho.


Lebih lanjut Bangun Setyo Nugroho mengatakan, kami prihatin dengan semakin banyaknya pangan impor dan aneka makanan yang telah menjajah bangsa Indonesia. Banyak makanan lokal seperti singkong/telo, uwi, gembili, ganyong, garut belum banyak dimanfaatkan. Pemerintah justru melakukan impor makanan. Komoditas pangan lokal semakin terpuruk, ini dikarenakan budaya masyarakat Indonesia yang lebih suka mengonsumsi makanan produk luar.

Maka dari itu dalam aksi pawainya, SD Juara Yogyakarta kembali mengajak masyarakat untuk kembali ke makanan lokal. Dalam ajakannya tersebut SD Juara secara nyata ditandai dengan membagi-bagikan makanan telo yang sudah direbus kepada masyarakat pengguna jalan di sekitar perempatan Tukangan Jalan Gayam Gondokusuman Yogyakarta. Selain itu  dibagikan pula brosur-brosur ajakan untuk kembali mencintai produk-produk makanan lokal.




Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga