Blogger Widgets
News Update :

`

`

SD Juara Tanamkan Nasionalisme dengan Outbond

Senin, 26 Januari 2015





Dalam rangka menanamkan sikap dan karakter cinta tanah air pada siswa sekolah dasar, SD Juara Yogyakarta mengadakan kegiatan longmarch dan outbond yang berlangsung pada hari Sabtu, 24 Januari 2015. Kegiatan ini dilaksanakan di perbukitan pantai Parangtritis dengan jarak tempuh longmarch kurang lebih 5 km.


Kegiatan longmarch dan outbond ini diikuti sebanyak 50 peserta didik yang terdiri dari kelas 5 dan kelas 6. Peserta dibagi menjadi 8 kelompok yang masing-masing anggota kelompok berjumlah 6-7 siswa. Dalam kegiatan longmarch ini peserta akan melewati beberapa pos, dengan masing-masing pos ada perlombaan outbond yang harus dilalui oleh semua peserta. Perlombaan-perlombaan outbond yang ada disetiap pos dirancang dalam rangka penanaman dan penguatan rasa nasionalisme pada diri peserta didik.

Pada kesempatan ini Bangun Setyo Nugroho, S.Pd. selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan ini akan rutin diadakan setiap tahunnya dalam rangka menanamkan, memupuk dan mengembangkan serta menguatkan beberapa hal penting untuk generasi bangsa Indonesia yang akan datang, yaitu kedisiplinan, daya juang, pengorbanan, dan rasa cinta pada Bangsa dan Negara. Selain itu dalam kegiatan ini juga bertujuan agar peserta  dapat bersahabat dengan lingkungan alam, cinta pada alam dengan tidak merusak dan mencemari lingkungan alam sekitar.

Pada sesi pemberangkatan peserta mendapatkan pembekalan langsung dari Kepala Sekolah SD Juara Yogyakarta. Dalam sambutan pembekalan Ibu Budi Hadiastuti, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SD Juara Yogyakarta memberikan sebuah panji yang harus dijaga dan dipertahankan dari berbagai pihak yang ingin menguasai dan merebut panji Bendera Merah Putih. Lebih lanjut Ibu Budi Hadiastuti menyampaikan pesan kepada semua peserta: “Ku titipkan bangsa Indonesia ini kepada kalian, berjuanglah, berkorbanlah untuk mempertahankan bendera Merah Putih ini. Jangan tergoda dengan berbagai tawaran/buaian materi dan jangan pula takut dengan berbagai ancaman dari berbagai pihak yang menginginkan bangsa ini lemah dan hancur”.


Setelah itu masing-masing kelompok peserta berangkat longmarch. Dalam perjalanan tersebut peserta akan melewati beberapa pos dengan berbagai perlombaan outbond. Diantaranya perlombaan meniti jembatan bamboo, single trik, water transfer, dll. Ditengah-tengah perjalanan tersebut mereka dihadapkan dengan orang-orang/berbagai pihak lainnya yang ingin merebut panji bendera Merah Putih yang mereka bawa. Orang-orang tersebut akan melakukan berbagai hal untuk merebut panji Bendera Merah Putih, diantaranya dengan cara memberikan bantuan, menukarkan dengan benda lain yang berharga, membelinya dengan sejumlah uang. Dan bahkan jika berbagai cara tersebut gagal, orang-orang tersebut juga berusaha merebut Bendera Merah Putih dengan cara paksa.

Diakhir acara semua peserta dikumpulkan dan dipandu dengan Kepala Sekolah semua peserta melakukan refleksi dari kegiatan outbond dan longmarch. Dan diantara mereka ada yang mampu mempertahankan panji Bendera Merah Putih yang di amanahkan kepadanya hingga di titik finish. Namun diantara mereka ada 2 kelompok yang terlena sehingga panji bendera Merah Putih di amanahkan kepadanya hilang direbut orang lain. Hal ini menjadi pembelajaran yang sangat penting bagi anak-anak di usia sekolah dasar, tentang bagaimana mempertahankan harkat dan martabat bangsa dan Negara Indonesia. Selain itu kegiatan juga mampu menguatkan perasaan cinta tanah air, rela berkorban, semangat juang demi Bangsa dan Negara Indonesia. (By. Aris Nurkholis, M.Pd.)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga