Blogger Widgets
News Update :

`

`
BERITA TERKINI :

Entri Populer

Rumah Zakat Luncurkan Gerakan "Berbagi Senyum"

Senin, 12 Mei 2014


Rumah Zakat (RZ) menyelenggarakan peluncuran gerakan "Berbagi Senyum, Senyum Berbagi" di Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (13/5). Gerakan ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk berbagi.

"Senyum bagian dari sedekah," ujar Agustine, media relation Rumah Zakat, Selasa (13/5).

Agustine mengatakan berbagi dapat dimulai dengan cara apapun. Berbagi senyum, kata Agustine, merupakan cara berbagi yang dimulai dengan hal terkecil.

Agustine menambahkan, senyum memang tindakan yang mudah untuk dilakukan. Meski demikian, lanjut Agustine, saat ini semakin banyak orang yang merasa sulit untuk tersenyum.

"Kami ingin orang Indonesia tersenyum," katanya.

Nur Efendi, CEO Rumah Zakat mengatakan, rata-rata orang hanya tersenyum tujuh kali dalam sehari. Selain itu, kata Efendi, saat ini semakin sedikit orang yang memberi senyum dengan tulus.

Efendi menambahkan, Genius Beauty tahun 2013 menyatakan, berdasarkan penelitian setiap satu orang dari dua ribu orang lebih memberikan senyum palsu dalam sehari. Setengah dari responden, lanjut Efendi, mengaku sering memaksakan tersenyum saat berbicara dengan atasan.

Padahal, tutur Efendi, senyum memiliki banyak manfaat antara lain, badan lebih sehat dan rileks. Selain itu, senyum juga membuat seseorang menjadi lebih awet muda.

"Yang paling penting senyum adalah shadaqah,'' katanya. ''Makanya, berbagi senyum adalah keharusan."[republika/im]

Mempersiapkan Siswa Menghadapi Ujian dengan AMT dan Outbond

Minggu, 11 Mei 2014


Dalam rangka menghadapi Ujian Sekolah tingkat Sekolah Dasar yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2014, banyak hal yang dilakukan oleh sekolah agar siswa-siswinya sukses dengan prestasi yang memuaskan. Hal tersebut menjadi harapan bagi setiap sekolah tak terkecuali SD Juara Yogyakarta.  Ada banyak hal upaya yang di lakukan untuk mewujudkan harapan-harapan tersebut. Salah satunya melakukan pendalaman materi-materi yang diujikan dengan menambah Jam pelajaran, mengadakan TryOut atau TPM (Tes Pendalaman Materi), dan lain sebagainya. Bagi SD Juara Yogyakarta itu saja tidak cukup, perlu juga mempersiapkan diri siswa dari segi psikologis supaya dapat mengikuti Ujian dengan optimal.

Kondisi psikologis siswa bermacam-macam dalam menghadapi Ujian. Hal ini disebabkan adanya dinamika psikis yang berbeda-beda dalam diri siswa. Siswa yang dinamika psikisnya baik, ia tidak akan mengalami kecemasan atau ketakutan yang mendalam dalam menghadapi ujian. Sebaliknya siswa yang dinamika psikisnya tidak baik akan mengalami kecemasan atau ketakutan dalam menghadapi. Oleh karenanya penting bagi setiap sekolah selain dari sisi persiapan materi ujian juga untuk mempersiapkan siswa-siswinya dari sisi mental atau psikologisnya.

Oleh karena itu, Pada hari Rabu-Kamis, 7-8 Mei 2014 SD Juara Yogyakarta mengadakan kegiatan Achievment Motivation Training (AMT) dan Outbond untuk mempersiapkan siswa dari segi mental/psikologis. Acara ini diikuti seluruh siswa kelas 6 SD Juara Yogyakarta dan sebagian dari bapak/ibu guru. Dalam acara ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama motivation training yang dilaksanakan hari Rabu (7/5) di ruang kelas SD Juara. Dalam acara ini dipandu langsung oleh Ibu Budi Hadiastuti, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SD Juara Yogyakarta. Pada sesi ini anak-anak mendapatkan motivasi dan banyak informasi yang membantu mereka dalam belajar untuk menghadapi Ujian.

Pada sesi kedua acara ini anak-anak di ajak ke Kampung Dolanan Deso Boro, Kalibawang-Kulonprogo untuk melakukan kegiatan outbond. Peserta dipandu langsung oleh tim training dari Kampung Dolanan Deso Boro. Di sesi outbond ini, anak-anak di ajak untuk melakukan berbagai macam kegiatan, permaianan/game. Yaitu diantaranya kegiatan membajak sawah dengan bajak kerbau, meniti jalan di atas air, black hole, menangkap ikan di sungai, dan arum jeram, dan masih banyak lagi kegiatan dan permainan lainnya. Dari kegiatan dan berbagai permaianan dalam outbond tersebut, anak-anak di bangkitkan kembali semangatnya dalam belajar, kemampuannya untuk berfikir, mengambil tindakan, konsentrasi dll. Kegiatan outbond ini dikemas dengan penuh suasana ceria, dengan tujuan agar pikiran anak-anak kembali fresh sehingga dapat belajar lebih optimal. Disisi lain berbagai aneka permainan yang dilakukan oleh siswa dalam outbond ini memiliki target adanya perubahan cara pandang siswa dalam menghadapi Ujian. Ujian bukan jadi hal yang menakutkan tetapi sesuatu tantangan yang harus dihadapi dengan persiapan belajar  dan mental yang kuat.

[Berita Photo] Kegiatan Pekan Sampah Kelas 6

Senin, 05 Mei 2014

SD Juara Yogyakarta bekerjasama dengan LSM “BORDA” dalam membangun dan menciptakan “Sekolah Peduli Sampah” dengan mengadakan kegiatan “Pekan Sampah”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rentang waktu 17 – 20 Maret 2014. Dalam kegiatan ini seluruh siswa diminta untuk mengumpulkan berbagai macam sampah. Setelah sampah berhasil dikumpulkan oleh siswa, selanjutnya siswa dibimbing untuk membuat sebuah kreatifitas/ kerajinan tangan yang mempunyai nilai lebih tinggi dari sampah. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa kelas 4, 5, dan kelas 6. Untuk kelas 6 kegiatan pekan sampah ini difokuskan untuk membuat tempat alat tulis (bulpen, pensil, pengaris, dll).


Berikut Photo-photo kegiatan Pekan Sampah Kelas 6:










Guru SD Juara Yogyakarta Ikuti Pelatihan FUN MATH


Pelajaran matematika sering dipersepsikan oleh siswa sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Pandangan seperti ini sudah melekat kuat dalam pikiran mereka sehingga hal ini mempengaruhi tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. Pada akhirnya prestasi belajar siswa rendah khususnya pelajaran matematika.

Berangkat dari permasalahan tersebut, SD Juara Yogyakarta Rabu (16/04) Mengadakan pelatihan pembelajaran “Fun Math”. Pelatihan ini di ikuti seluruh guru SD Juara dengan mendatangkan langsung penemu metode fun math Bunda Fatimah dari Bandung, Jawa Barat. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari mulai dari Rabu-Kamis (16-17 april 2014). Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan sebelumnya.


Budi Hadiastuti Kepala Sekolah SD Juara Yogyakarta dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan diadakannya pelatihan fun math ini dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengajarkan matematika kepada peserta didik dengan interaktif, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, bermakna dan menyenangkan.

Dalam pelatihan fun math ini guru-guru diperkenalkan cara dan metode pembelajaran matematika dengan cara cepat, mudah, kontekstual, bermakna dan menyenangkan. Dalam pelatihan ini menyajikan pembelajaran matematika dengan menggunakan berbagai alat peraga sebagai media belajar sekaligus media bermain bagi siswa. Dengan tujuan penggunaan alat peraga tersebut mampu menghadirkan matematika yang konkrit yang mudah dipahami oleh siswa. Sehingga diharapkan siswa nyaman dan senang dalam belajar matematika karena pembelajaran dilakukan sesuai dengan dunia mereka yaitu konkret dan dunia bermain.


Pada akhirnya dengan adanya pelatihan ini diharapkan guru-guru mampu mengajarkan matematika kepada anak didiknya dengan baik dengan harapan prestasi akademik siswa khususnya matematika dapat meningkat. (By. Aris Nurkholis)

[Berita Photo] Kegiatan Pekan Sampah Kelas 4

Minggu, 04 Mei 2014

SD Juara Yogyakarta bekerjasama dengan LSM “BORDA” dalam membangun dan menciptakan “Sekolah Peduli Sampah” dengan mengadakan kegiatan “Pekan Sampah”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rentang waktu 17 – 20 Maret 2014. Dalam kegiatan ini seluruh siswa diminta untuk mengumpulkan berbagai macam sampah. Setelah sampah berhasil dikumpulkan oleh siswa, selanjutnya siswa dibimbing untuk membuat sebuah kreatifitas/ kerajinan tangan yang mempunyai nilai lebih tinggi dari sampah. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa kelas 4, 5, dan kelas 6. Untuk kelas 4 kegiatan pekan sampah ini difokuskan untuk membuat celengan yang terbuat dari botol-botol minuman bekas.


Berikut Photo-photo kegiatan Pekan Sampah Kelas 4:






[Berita Photo] Kegiatan Pekan Sampah Kelas 5

Jumat, 02 Mei 2014

SD Juara Yogyakarta bekerjasama dengan LSM “BORDA” dalam membangun dan menciptakan “Sekolah Peduli Sampah” dengan mengadakan kegiatan “Pekan Sampah”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rentang waktu 17 – 20 Maret 2014. Dalam kegiatan ini seluruh siswa diminta untuk mengumpulkan berbagai macam sampah. Setelah sampah berhasil dikumpulkan oleh siswa, selanjutnya siswa dibimbing untuk membuat sebuah kreatifitas/ kerajinan tangan yang mempunyai nilai lebih tinggi dari sampah. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa kelas 4, 5, dan kelas 6.


Berikut Photo-photo kegiatan Pekan Sampah Kelas 5 SD Juara Yogyakarta:








Pendaftaran SD Juara Yogyakarta Gelombang II

Kamis, 01 Mei 2014



SD Juara Yogyakarta kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Gelombang II Tahun Pelajaran 2014/2015.


Pendaftaran dibuka mulai tanggal: 1 Mei - 25 Juni 2014.

Syarat2:
1. Fotocopy KTP orangtua
2. Fotocopy KK
3. Fotocopy akte kelahiran
4. KMS atau SKTM
5. Gambar denah rumah
6. Pas Photo 3 x 4 sebanyak 2 lembar

Fasilitas gratis yang di dapatkan:

1. Seragam sekolah
2. Seragam olahraga
3. Buku-buku pelajaran
4. Kegiatan ekstrakurikuler
5. Kegiatan Fieldtrip
6. Pemeriksaan kesehatan
7. Makanan tambahan bergizi (insidental)

Pendaftaran setiap hari aktif senin - jumat mulai kumpul 07.30 - 15.00
Langsung datang ke kantor SD Juara Jogja Jl. Gayam no. 9 Baciro, Gondokusuman - Yogyakarta. Info lebih lanjut kunjungi www.sdjuara-jogja.sch.id

Kegiatan Sekolah

Artikel

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga