Blogger Widgets
News Update :

`

`
BERITA TERKINI :

Entri Populer

Manfaat Guru Nge-blog

Rabu, 30 April 2014

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari blog. Berikut ini beberapa hal tentang manfaat blog, setidaknya manfaat ini yang dirasakan oleh penulis, Berikut ini 10 Manfaat Blog bagi Guru :


1.     Tempat Penyimpanan Data Online

Dengan memiliki sebuah blog maka dengan otomatis seorang guru memiliki tempat menyimpan semua media pembelajarannya. Arsip kegiatan, nilai, foto dokumentasi dan bahkan menyimpan forto folio profesional seorang guru.

2.     Menjadi Media Pembelajaran Online

Karena blog merupakan media online yang dapat diakses oleh siapa saja maka bagi seorang guru blog bisa dijadikan media pembelajaran online dengan cara menuliskan artikel pembelajarannya, soal online, media peraga, video tutorial dan lain-lain yang dapat diakses oleh siswanya. Sehingga pembelajaran dapat menembus ruang dan waktu.

3.     Membuktikan Professional Guru

Dengan memiliki blog, maka seorang guru memiliki nilai lebih dibanding dengan guru lain. Pemanfaatan media blog dapat meningkatkan kualitas diri dan kompetensi seorang guru. Dengan kekuatan memiliki blog, seorang guru dapat menuliskan apapun tentang kegiatan disekolah seperti menceritakan kegiatan belajar yang menyenangkan bersama siswa, menceritakan inovasi dalam metode mengajar yang memang menarik minat dan bisa jadi contoh bagi guru-guru yang lain untuk dipraktikkan di kelas mereka. Lebih banyak lagi pemanfaatan blog ini sebagai suatu terobosan baru dalam dunia pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Menguasai IT bagi guru merupakan salah satu tujuan Pendidikan Indonesia agar guru tidak gaptek dengan media informasi online.

4.    Menjadi Seorang Researcher (Peneliti)

Saat memiliki blog, seorang guru mulai memahami cara membuat blog dan menjadi blogger. Mulai menulis artikel-artikel pendidikan sampai tentang apa saja yang ia sukai atau bahkan yang hanya tahu sedikit-sedikit, tentu ia tidak ingin asal menulis karena tujuannya adalah pengunjung atau pembaca blog mendapatkan info yang baik dan bermanfaat. Untuk menulis sesuatu yang baik, benar, dan bermanfaat sering kita harus melakukan sedikit research atau penelitian, dalam hal ini cari referensi, baik dari buku, dialog dengan temen, atau yang paling gampang adalah lewat search engine terutama google. Nah, blogger guru pasti banyak menemukan hal-hal baru karena membaca dan memahami. Semakin mengetahui bagaimana melakukan research / penelitian sederhana bahkan singkat. Merangkumnya dalam sebuah artikel original yang informatif dan berguna untuk orang lain. 

5.    Menjadi Penulis yang Lebih Baik

Hampir mirip dengan point diatas, seorang blogger guru secara tidak langsung akan semakin terbiasa menulis. Secara alami pasti akan mencoba menyusun kalimat dan paragraf serta susunan kata-kata sebaik mungkin agar artikel kita menarik, dan nyaman dibaca oleh pengunjung blog. Tentu saja hal itu akan meningkatkan kemampuan menuangkan isi pikiran dan isi hati dalam bentuk tulisan. Bahkan jika artikel atau tulisannya berkualitas pada akhirnya dapat menghasilkan karya berupa buku.

6.     Membantu Orang Lain 

Setiap artikel yang kita share berupa tips-tips atau pengetahuan dalam bidang tertentu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah pengunjung blog akan merasa sangat terbantu dengan tulisan-tulisan tersebut. Jadi, dengan menulis artikel-artikel dalam sebuah blog, kita bisa membantu orang lain, bukankah sangat berarti hidup kita jika bisa membantu dan bermanfaat bagi sesama? Begitu besarnya manfaat blog bagi kita jika kita benar-benar menyadarinya.

7.     Menjadi Terkenal

Terkenal bukanlah tujuan blogger tetapi seiring banyaknya artikel bermanfaat yang kita tulis di blog dan semakin banyak orang membaca dan menyukai tulisan kita, tentunya kita akan semakin dikenal banyak pengguna internet karena artikel-artikel kita yang bermanfaat untuk mereka, dan semakin kita sadari manfaat blog bagi kita.

8.     Menambah Teman dan Relasi

Blogger terdiri dari banyak kalangan, profesi, usia, dan dari seluruh dunia yang bisa saling berinteraksi setiap saat. Sangat besar potensi kita untuk memperluas pergaulan, mendapatkan teman-teman baru dan relasi-relasi baru khususnya dalam hobby/kesukaan/profesi yang sama. Dari sana sangat memungkinkan terjadi tukar ide, berbagi pengalaman, bahkan potensi-potensi usaha. Bukankah menyenangkan mempunyai banyak teman dengan ide dan kesukaan yang sama?.

9.     Menjalin Komunikasi Online
10.  Menghasilkan Uang

Jangan lupa jika blog bisa menghasilkan uang! Bagaimana caranya? Logikanya, semakin blog kita banyak pengunjung, salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah mengikuti berbagai Kontes SEO atau perlombaan blogging. Selain itu melalui program periklanan yang biasa disebut PPC (Paid Per Click) atau Monetize links.  Memang tidak mudah bagaimana cara membuat blog yang mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita, tapi dengan semangat dan rasa ingin tahu yang besar, kita bisa mempelajari tahap demi tahap apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendatangkan banyak pengunjung di blog kita. Salah satunya belajar SEO. 

Environmental Week at SD Juara

Senin, 21 April 2014


Since it is important to educate even the youngest in Indonesia about environmental issues, we, the two German volunteers Lenia and Lorenz from Germany working as assistant teachers at SD Juara Yogyakarta, thought about making an environmental-week for our students.

The waste-issue is a big and important topic in Indonesia, and even more so with its growing population and consumption. That is why a variety of NGOs such as the German Borda (Bremen Overseas Research and Development Association) are located here to improve the management of waste in Indonesia.

We got in touch with Borda and planned different activities together, such as making handicraft from waste and singing. We even created a mascot, the giant Dinosaur ‘Uncle Dino’ who is very concerned about our environment.

Finally, on March 17th, we started our project with the 5th grade students: First, we made wallets out of used and empty milk cartons; some of them were really awesome! After that, the students prepared a drama about an environmental issue for a preformance in front of the parents.

After the lunch, the students learnt about waste separation with the big mascot Uncle Dino, impersonated by the brave Borda employee Marius with a giant, custom-made costume from Bandung. The students obviously enjoyed this and –hopefully- learnt something about how to separate one’s trash.


After another session of drama exercise, we finished the day with a beautiful song about waste, called ‘Buang di Tong Sampah’, also to be performed on the ‘big day’ in front of the parents.

On Tuesday, we made fishes from old water bottles with the 4th grade students, with equally beautiful results as the day before. Also the 4th graders prepared a drama and enjoyed separating the trash from their lunch boxes with Uncle Dino.

The 6th grade made some pencil boxes out of used cartons and had fun with Uncle Dino, played by poor Marius again who was sweating a lot in the thick costume on this rather sunny and hot day in Yogyakarta.


Finally, the big day arrived: On Thursday, March 21st, we had all the parents of class 4,5 and 6 invited to join us to see the drama in the aula and marvel at the handicraft made from old and used waste items. It was a big success, the students were fabulous in their performances of the drama plays and singing the song ‘Buang di Tong Sampah’. Many parents came to see their children, so the aula was really packed. One of the highlights was of course the appearance of Uncle Dino who distributed stickers and pins among the children, so they always remember to care about our nature. We think (and hope…) the students had fun, learnt a lot about waste and will always remember to separate their waste.


This whole project wouldn’t have been such a success without the Borda-Team (Marius, Alex, Ova and Rifky), so our thanks again for your great cooperation!
Written by: Lorenz Posner

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK (CERPEN) 2014

Rabu, 02 April 2014

Kamu suka cerita Pendek? suka menulis cerpen? Punya kisah tentang persahabatan dan tentang Cinta? Ayo kirimkan tulisan kamu. Ikuti Lomba Menulis Cerpen 2014 dengan tema  “SAAT HATI BERBICARA” yang diselenggarakan oleh DEMI INDONESIA COM CENTRE (DICC).

Hati? Mempunyai makna harfiah sebagai bagian dari organ manusia, dan juga makna kiasan yang menunjukkan perasaan, nurani. Setiap orang memiliki kisah apa saja yang berkaitan dengan HATI. Ada kisah yang menginspirasi, ada kisah yang membuat HATI tersentuh, ada pula kisah yang dilematis, ada kisah dramatis, dan seolah tak habis permasalahannya.


LOMBA MENULIS CERITA PENDEK (CERPEN) 2014

Peserta Lomba :
Adapun peserta ataupun sasaran dari lomba karya ini yaitu:
1. Pelajar / Sederajat
2. UMUM (Terbuka Untuk Siapa Saja)

Periode Lomba Menulis Cerpen:

  • Event dilaksanakan sejak Maret 2014 hingga Juni 2014.
  • Pengumpulan karya : Maret 2014 – Juni 2014
  • Pengumuman mingguan : Setiap 2 minggu
  • Pengumuman final : Juli 2014
  • Setiap 2 minggu akan diadakan pemilihan karya favorit berdasarkan karya yang paling banyak dibaca ataupun disukai di portal Hutanta.
  • Kemudian di akhir periode lomba diumumkan pemenang/juara umum atau pun juara favorit selama periode berlangsung.

Ketentuan penulisan cerpen:
Ø Panjang tulisan minimal 3-4 halaman, diketik 2 spasi, Font Times New Roman 12
Ø Karya ditulis dalam gaya bebas tetapi memiliki alur yang jelas
Ø Karya harus karya asli, bukan terjemahan
Ø Hak untuk menyiarkan di media online ada pada panitia
Ø Isi tulisan bisa berupa tentang tindakan kasih, kisah percintaan, persahabatan atau kisah romantis lainnya.


Hadiah:
1. KATEGORI UMUM
>> Juara Umum I mendapatkan Rp 7.500.000,00
>> Juara Umum II mendapatkan Rp 5.000.000,00
>> Juara Umum III mendapatkan Rp 2.500.000,00
2. KATEGORI PELAJAR
>> Juara Umum I mendapatkan Rp 5.000.000,00
>> Juara Umum II mendapatkan Rp 3.000.000,00
>> Juara Umum III mendapatkan Rp 2.000.000,00

Dan khusus untuk pemenang karya terbaik akan mendapatkan kesempatan bertemu langsung dengan Bapak Dahlan Iskan. (tiket pulang pergi dan akomodasi ditanggung panitia).

Pengumpulan materi dari peserta lomba dikirimkan ke e-mail: lombakarya@dicommunicationcenter.com

Pada judul email diisi dengan format: Nama – Kategori Peserta - Judul Cerpen.

Contoh: Raisa – UMUM - Hati Yang Tersentuh

Cantumkan biodata lengkap anda pada karya anda dengan format :
    Nama Peserta :
    Kategori Peserta:
    No. HP :
    Alamat :


  • Mengirimkan karya asli, hasil buah pikiran sendiri, dan bukan milik orang lain (plagiat).
  • Hasil karya tidak menghina unsur SARA tertentu
  • Materi karya yang telah diterima dan lulus sunting akan di¬tampilkan di portal Hutanta www.hutanta.com sehingga peserta dapat melihat dan membagikan karyanya agar dapat dilihat oleh orang lain.
  • Karya peserta yang ditampilkan akan dibuat gratis/tidak berbayar sehingga dapat diakses oleh semua pihak.
  • Jika kemudian hari ditemukan adanya kecurangan yang berkaitan dengan ketentuan lomba, maka cerpen akan didiskualifikasi.
  • Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Lomba Menulis Cerpen 2014


Kontak Penyelenggara dan sumber info:
www.dicommunicationcenter.com dan www.hutanta.com
E-mail : hutanta@lamuro.net
Telp: 0819 1050 2969 (Amri)

Menciptakan Sekolah Pro Sampah

Oleh: Aris Nurkholis

Guru SD Juara Yogyakarta


Pernahkah kita mendengar istilah 3 R? istilah ini sangat familier dalam pengelolaan sampah. 3 R itu adalah tingkatan dalam penanganan sampah yaitu reduce (kurangi), reuse (pakai ulang), dan recycle (mendaur ulang). Tiga langkah kegiatan tersebut terbukti dapat mengurangi beban limbah sampah terhadap lingkungan. Seringkali kita menjumpai banyak limbah sampah berserakan disekitar lingkungan kita, tidak terkecuali lingkungan sekolah. Sampah menjadi satu persoalan tersendiri yang sampai hari ini penyelesaiannya tak kunjung usai.



SD Juara Yogyakarta bekerjasama dengan LSM “BORDA” dalam membangun dan menciptakan “Sekolah Pro Sampah” dengan mengadakan kegiatan “Pekan Sampah”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rentang waktu 17 – 20 Maret 2014. Dalam kegiatan ini seluruh siswa diminta untuk mengumpulkan berbagai macam sampah. Setelah sampah berhasil dikumpulkan oleh siswa, selanjutnya siswa dibimbing untuk membuat sebuah kreatifitas/ kerajinan tangan yang mempunyai nilai lebih tinggi dari sampah.

Dalam kegiatan tersebut siswa diberikan kebebasan dalam membuat kerajinan/kreatifitas dari sampah yang ia kumpulkan. Dari kegiatan tersebut dihasilkan banyak kerajinan tangan/kreatifitas anak. Diantaranya kreatifitas yang dihasilkan adalah dompet yang terbuat dari kotak kertas bekas makanan, celengan, dan wadah/tempat alat tulis (pensil, pulpen, dll).



Dalam sambutannya Lorenz perwakilan dari LSM Borda mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melatih anak-anak untuk dapat memanfaatkan sampah menjadi sesuatu hal yang bermanfaat dengan cara mengubah sampah-sampah menjadi sebuah kerajinan tangan. Bahkan kegiatan ini jika dikelola secara professional dapat menjadikan sebagai penghasilan tambahan.

Lebih lanjut Lorenz mengatakan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk membiasakan anak-anak untuk tidak lekas membuang bungkus-bungkus makanan yang digunakan. Sehingga dapat mengurangi sampah yang dihasilkan dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini secara tidak langsung mengajarkan kepada untuk dalam melakukan kegiatan 3 R. yaitu Reuse artinya menggunakan atau memakai ulang sampah atau barang-barang bekas kembali.

Dalam kegiatan ini, diakhiri dengan kegiatan pentas pertunjukan drama yang dilakukan oleh anak-anak dengan mengangkat tema tentang “Sampah”. Selain itu hasil dari kreatifitas anak-anak juga dipamerkan kepada siswa lainnya dan kepada orangtua/wali siswa.


By. Aris Nurkholis

Kegiatan Sekolah

Artikel

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga