Blogger Widgets
News Update :

`

`

Mempersiapkan Siswa Menghadapi Ujian dengan AMT dan Outbond

Minggu, 11 Mei 2014


Dalam rangka menghadapi Ujian Sekolah tingkat Sekolah Dasar yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2014, banyak hal yang dilakukan oleh sekolah agar siswa-siswinya sukses dengan prestasi yang memuaskan. Hal tersebut menjadi harapan bagi setiap sekolah tak terkecuali SD Juara Yogyakarta.  Ada banyak hal upaya yang di lakukan untuk mewujudkan harapan-harapan tersebut. Salah satunya melakukan pendalaman materi-materi yang diujikan dengan menambah Jam pelajaran, mengadakan TryOut atau TPM (Tes Pendalaman Materi), dan lain sebagainya. Bagi SD Juara Yogyakarta itu saja tidak cukup, perlu juga mempersiapkan diri siswa dari segi psikologis supaya dapat mengikuti Ujian dengan optimal.

Kondisi psikologis siswa bermacam-macam dalam menghadapi Ujian. Hal ini disebabkan adanya dinamika psikis yang berbeda-beda dalam diri siswa. Siswa yang dinamika psikisnya baik, ia tidak akan mengalami kecemasan atau ketakutan yang mendalam dalam menghadapi ujian. Sebaliknya siswa yang dinamika psikisnya tidak baik akan mengalami kecemasan atau ketakutan dalam menghadapi. Oleh karenanya penting bagi setiap sekolah selain dari sisi persiapan materi ujian juga untuk mempersiapkan siswa-siswinya dari sisi mental atau psikologisnya.

Oleh karena itu, Pada hari Rabu-Kamis, 7-8 Mei 2014 SD Juara Yogyakarta mengadakan kegiatan Achievment Motivation Training (AMT) dan Outbond untuk mempersiapkan siswa dari segi mental/psikologis. Acara ini diikuti seluruh siswa kelas 6 SD Juara Yogyakarta dan sebagian dari bapak/ibu guru. Dalam acara ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama motivation training yang dilaksanakan hari Rabu (7/5) di ruang kelas SD Juara. Dalam acara ini dipandu langsung oleh Ibu Budi Hadiastuti, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SD Juara Yogyakarta. Pada sesi ini anak-anak mendapatkan motivasi dan banyak informasi yang membantu mereka dalam belajar untuk menghadapi Ujian.

Pada sesi kedua acara ini anak-anak di ajak ke Kampung Dolanan Deso Boro, Kalibawang-Kulonprogo untuk melakukan kegiatan outbond. Peserta dipandu langsung oleh tim training dari Kampung Dolanan Deso Boro. Di sesi outbond ini, anak-anak di ajak untuk melakukan berbagai macam kegiatan, permaianan/game. Yaitu diantaranya kegiatan membajak sawah dengan bajak kerbau, meniti jalan di atas air, black hole, menangkap ikan di sungai, dan arum jeram, dan masih banyak lagi kegiatan dan permainan lainnya. Dari kegiatan dan berbagai permaianan dalam outbond tersebut, anak-anak di bangkitkan kembali semangatnya dalam belajar, kemampuannya untuk berfikir, mengambil tindakan, konsentrasi dll. Kegiatan outbond ini dikemas dengan penuh suasana ceria, dengan tujuan agar pikiran anak-anak kembali fresh sehingga dapat belajar lebih optimal. Disisi lain berbagai aneka permainan yang dilakukan oleh siswa dalam outbond ini memiliki target adanya perubahan cara pandang siswa dalam menghadapi Ujian. Ujian bukan jadi hal yang menakutkan tetapi sesuatu tantangan yang harus dihadapi dengan persiapan belajar  dan mental yang kuat.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga