Blogger Widgets
News Update :

`

`

SD Juara Jogja: Memotong Rantai Kemiskinan dengan Pendidikan

Senin, 24 Februari 2014



Kemiskinan di Indonesia tak bisa dientaskan begitu saja. Salah satu caranya dengan meningkatkan mutu anak bangsa melalui pendidikan yang layak.

Sayangnya, biaya pendidikan makin mahal dari tahun ke tahun. Program Bantuan Operational Sekolah (BOS) pun tidak sepenuhnya bisa membuat mereka yang dhuafa menikmati pendidikan dengan layak. Jika hal itu tetap terjadi, sampai kapan pun kebodohan akan terus bersanding dengan kemiskinan.

Di tengah permasalahan bangsa tersebut, Rumah Zakat hadir membawa harapan bagi kaum dhuafa. Melalui SD Juara, mereka menyediakan pendidikan gratis untuk anak-anak keluarga miskin, termasuk mustahik Rumah Zakat. Salah satunya adalah SD Juara Yogyakarta.

Konsep Pendidikan SD Juara Yogyakarta

Tak hanya gratis, pendidikan di SD Juara Yogyakarta bisa dibilang berkualitas. Metode pengajarannya tidak seperti SD konvensional. Di sekolah ini siswa diarahkan untuk berkembang sesuai dengan potensinya.

Sebagai contoh, siswa bertipe kinestetis (senang bergerak) lebih diarahkan untuk aktivitas fisik, seperti futsal atau pencak silat. Siswa bertipe auditori (pendengar) diarahkan untuk bermusik melalui media perkusi, ensemble, dan sebagainya. Siswa yang bertipe visual akan diarahkan untuk menekuni kegiatan mewarnai dan melukis dan sebagainya.

Konsep kelas di SD Juara Yogyakarta adalah kelas kecil dengan  dua puluh lima siswa dalam setiap kelas. Hal ini dilakukan agar peran guru lebih optimal dalam memperhatikan perkembangan proses belajar di dalam kelas. Bahkan untuk kelas bawah yaitu kelas 1, 2, dan 3 tidak hanya dipandu oleh satu guru tetapi ada dua guru yang setiap harinya mendampingi anak-anak dalam belajar.

Hal ini sesuai dengan visi dan misi Sekolah Juara. Adapun visi sekolah juara yaitu referensi dan mitra lembaga pendidikan berkualitas yang memberdayakan. sedangkan misinya adalah mencetak generasi unggul dan juara, berperan aktif dalam menghadirkan pendidikan berkualitas di Indonesia , dan menjadi lembaga pemberdaya pendidikan berkualitasbdi Indonesia.

Pendidikan Akhlak di SD Juara

Selain belajar mata pelajaran pada umumnya, siswa di SD Juara juga diarahkan untuk shalat dhuha setiap harinya. Mereka juga belajar mengaji dan menghapal alquran setiap selepas dzuhur, sebelum mereka memulai aktivitas ekstrakurikuler.


Output yg diharapkan dari proses pengajaran ini adalah siswa yang tak hanya cerdas tapi berakhlak baik. Mereka juga diharapkan terbiasa beribadah secara rutin, baik yang wajib maupun yang sunnah.


Tak hanya itu mereka pun dibekali dengan kompetensi di bidang wirausaha. Hal ini diterapkan sejak siswa duduk di kelas satu. Pembekalan ini diberikan secara bertahap hingga kelas enam. Tujuan dari program ini adalah agar siswa memiliki mental wirausaha dan kemandirian.

* Berbagai sumber
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga