Blogger Widgets
News Update :

`

`

14 Sekolah Juara Siap Terima 425 Yatim Dhuafa

Kamis, 06 Februari 2014


Menjelang tahun ajaran baru 2014/2015, 14 Sekolah Juara yang berada di bawah RZ (Rumah Zakat) menerima 425 siswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Para siswa yang mendaftar ke Sekolah Juara akan melalui serangkaian tes terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengetahui potensi dari setiap anak yang mendaftar ke Sekolah Juara.

“Karena Sekolah Juara berbasis Multiple Intelligences maka kami perlu mengetahui potensi masing-masing anak, sehingga cara memperlakukan mereka bisa disesuaikan,” tutur Chief Program Officer RZ Heny Widiastuti, Selasa (4/2).

Selain itu Heny pun menuturkan bahwa Sekolah Juara juga mengadakan tes dengan mendatangi tempat tinggal calon siswa. Hal tersebut untuk memastikan apakah mereka memang berhak menerima bantuan pendidikan gratis di Sekolah Juara. “Hanya yang berasal dari keluarga kurang mampu lah yang bisa sekolah di sini,” ujarnya.

Sekolah Juara berupaya untuk mencetak siswa yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berakhlaq baik. Konsep kelas yang diusung Sekolah Juara adalah kelas kecil dengan siswa 25 orang per kelas. Metode ini diterapkan agar peran guru menjadi lebih optimal dalam mengamati perkembangan setiap siswanya.

“Di sekolah ini kami membiasakan siswa untuk Shalat Dhuha setiap hari. Siswa pun rutin mendapat pelajaran membaca dan menghafal Al Quran setelah Shalat Zhuhur, sebelum memulai aktivitas ekstrakurikuler. Mereka diharapkan terbiasa beribadah secara rutin, baik yang wajib maupun sunah,” jelas Heny.

Tidak hanya itu, siswa Sekolah Juara juga dibekali dengan kompetensi untuk berwirausaha. “Secara berkala siswa mengadakan market day. Saat market day ini, siswa praktek berwirausaha. Mulai dari mengelola barang jualan, mengelola uang hingga merancang strategi agar barang dagangannya laku terjual,” ujar Darwati, pengajar Sekolah Juara Surabaya.

Di tahun ke-7 ini, jumlah Sekolah Juara telah mencapai 14 sekolah yang tersebar di 11 kota dan kabupaten dan mendidik 19.924 yatim dhuafa. Dan di tahun 2013, sebanyak 294 siswanya berprestasi di luar sekolah. “Sekolah Juara membuka pendaftaran dari tanggal 3 Februari hingga 14 Maret 2014. Semoga buah sinergi antara donatur dan RZ ini berhasil menciptakan generasi yang unggul untuk Indonesia,” ujar Heny. (RZ/sbb/dakwatuna)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga