Blogger Widgets
News Update :

`

`

Ciri Sekolah Unggul

Senin, 20 Januari 2014


Prof. Arief Rachman


SD Juara-jogja: Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk Unesco, Prof Arief Rachman, menyatakan, ada 10 ciri sekolah yang disebut unggulan. Menurutnya, jika suatu sekolah memiliki 10 ciri tersebut, maka, ia sudah layak dianggap sebagai sekolah yang unggul.

Pertama, kepemimpinan sekolah profesional. Pemimpin profesional, kata Arief, adalah pemimpin yang partisipatif, tegas, dan bertujuan, serta memiliki keterampilan, kemampuan, dan kemauan untuk memajukan sekolah.

Kedua, semua warga sekolah memahami dan melaksanakan visi dan misi sekolah.

''Itu ditandai dengan adanya kesatuan pandangan dan arah mengenai visi, adanya konsistensi dan kebersamaan,'' .

Ketiga, suasana pembelajaran yang menyenangkan. Hal itu ditandai dengan asmosfer suasana kelas yang mendukung serta lingkungan kerja yang menyenangkan.

Keempat, kegiatan pembelajaran di sekolah sangat beragam, seperti intra, co, dan ekstra kurikuler berjalan seimbang dan saling mendukung. ''Tanda-tandanya, adanya optimalisasi waktu pembelajaran, penekanan pada kemampuan akademik, dan fokus pada pencapaian prestasi,''

Kelima, guru memiliki perencanaan pembelajaran, yang ditunjukkan dengan adanya target yang jelas, terorganisir, dikomunikasikan pada siswa, dan adanya fleksibilitas sesuai dengan kondisi siswa.

Keenam, semua program yang positif mendapat penguatan dari sekolah, orang tua, dan siswa,

Ketujuh, sekolah melakukan monitoring dan evaluasi secara terprogram dan berdampak terhadap perbaikan sekolah. Misalnya, dengan monitoring kemajuan siswa yang dilakukan setiap saat, serta evaluasi kemajuan sekolah.

Kedelapan, hak dan kewajiban siswa dipahami dan dilaksanakan dengan baik di sekolah,

Kesembilan adalah kemitraan antara sekolah dengan rumah tangga atau orang tua.
Kesepuluh, munculnya kretativitas dalam organisasi sekolah untuk pengembangan pendidikan.


By. Prof.  Arief Rachman [Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk Unesco]
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga