Blogger Widgets
News Update :

`

`

SD Juara Jogja Field Trip ke Sogan Batik bersama Ardian Transport

Selasa, 19 November 2013

SD Juara Jogja Field Trip ke Sogan Batik bersama Ardian Transport


          
Kamis, 2 Mei 2013 , Senyum Community berkerjasama dengan Ardian Transport mengadakan kegiatan wisata bisnis dengan SD Juara Yogyakarta (Rumah Zakat). Kegiatan ini diikuti oleh murid-murid SD Juara Jogja yang didampingi oleh bapak-ibu guru. Kegiatan ini bertempat di Sogan Batik Rejodani, Ngaglik, Sleman. Peserta dan Panitia kumpul di SD juara pukul 08.00 WIB, dan keberangkatannya pukul 08.30 WIB, dan sampai di Sogan Batik pukul 09.00 WIB.

Pada acara ini ada sosialisasi dan penjelasan dari pengelola Sogan Batik Rejodani yaitu Bapak Taufik kepada siswa-siswi SD Juara, Pada kesempatan ini Bapak Taufik menjelaskan kepada siswa-siswi SD Juara tentang Sejarah Sogan Batik, Alat dan bahan pembuatan batik, dan proses pembuatan batik. Lebih lanjut Bapak Taufik menjelaskan tentang produk-produk yang telah dihasilkan oleh Sogan Batik Rejodani.
Dalam sesi tersebut, siswa-siswi SD Juara sangat antusias dalam memperhatikan penjelasan tentang batik sogan rejodani. Di akhir sesi  banyak para murid yang bertanya kepada bapak Taufik untuk mengetahui lebih jauh tentang pembuatan batik.

Setelah itu, anak-anak langsung melihat proses  pembuatan batik, dari mulai membuat motif batik, proses pewarnaan,  proses penghilangan lilin batik dengan cara pengerakan dan melarod   dan tahap terakhir adalah proses pencucian dan penjemuran.

Setelah melihat proses pembuatan batik, anak-anak menuju tempat koleksi-koleksi hasil dari kerajinan batik, seperti baju batik, selendang, dan pernak-pernik lainya, mayoritas koleksi tersebut adalah baju-baju batik. Bahkan beberapa siswa mencoba melakukan proses membatik.

Kegiatan ini ditujukan untuk murid-murid SD Juara agar dapat menambah wawasan mereka tentang batik dan mengetahui proses pembuatan batik. Menurut Dinda salah satu murid kelas 2 saat di wawancarai,  “senang sekali dengan kegiatan ini, karena bisa belajar membatik secara langsung”, ujarnya.

Salah satu Guru yang ikut mendampingi Murid-murid, namanya Ibu Tri Pendamping kelas 1 bahwa acara ini sangat bagus, karena mendukung pelajaran SBK, karena kelas 4,5,6 ada mata pelajaran SBK, yaitu Batik juga, jadi anak-anak bisa mengetahui proses langsung pembuatan batik dan melihat koleksi-koleksi batik secara luas. “Kendala-kendalanya hanya susah dalam mengkondisikan anak-anak agar bisa tertib. Maklum saja, karena anak-anak itu masih suka bermain kesana kemari, jadi harus butuh ekstra untuk menkondisikan anak-anak “,imbuhnya

Ibu Tri berharap dengan adanya dari Senyum Community untuk kedepannya  kegiatan ini tetap berkelanjutan menjadi positif dan bermanfaat. Karena dengan kegiatan ini bisa membantu anak-anak dalam belajar dan menghibur anak-anak. Tapi yang menjadi saran hanya saja dari pihak senyum community tidak ada sesi perkenalan, jadi dari pihak sekolah tidak tahu nama-nama dari panitia, dan bingung kalau mau memanggil kakak-kakak dari senyum community.

Kegiatan proses belajar membatik ini pun berlangsung hingga pukul 11.30, dan dilanjutkan dengan ishoma. Pukul 13.00 kegiatan ini pun selesai dan seluruh peserta pulang menuju SD juara. (sumber: Senyum Komunity)


Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright SD JUARA YOGYAKARTA 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Redesign by Jendela Keluarga